Senin, 06 Oktober 2014

Tugas 1 Bahasa Indonesia#



Tugas 1
Bahasa Indonesia#
Yolenta Flonsari
27212851
3EB21


Paragraf Induktif dan Deduktif

A.    Paragraf Induktif
Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan-penjelasan kemudian di akhiri dengan kalimat utama.
            Paragraf Induktif terdiri dari 3 bagian :
·         Generalisasi
·         Analogi
·         Hubungan Kausal
Contoh Paragraf Induktif :
       Banyak pedagang kaki lima yang entah bagaimana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan menjual jenis barang tertentu di sebuah trotoar tertentu. Selanjutnya, tampilah trotoar tersebut sebagai etalase khusus. Bahkan, banyak barang khas di trotoar terkenal di Jakarta yang tidak bisa dijumpai di toko-toko resmi. Dari suasana tersebut ternyata banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena penampilannya yang khas.

B.     Paragraf Deduktif
      Paragraf Deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat penjelas.

Contoh Paragraf Deduktif :
      Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar