Minggu, 24 November 2013

Tugas ke 3 #EkonomiKoperasi



MENGAPA PARA LULUSAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA, TIDAK MEMILIKI KEUNGGULAN KOMPETITIF?

            Tentu dengan melihat kasus tawuran antarpelajar/antarmahasiswa yang sering terjadi di Indonesia, saya percaya dengan data dari World Economic Forum. Ya, banyaknya pelajar yang melakukan tawuran membuktikan bahwa sumber daya manusia Indonesia kurang kompetitif dibandingkan negara lain. Salah satu alasan pelajar melakukan tawuran adalah waktu dan energi yang mereka punya tak tersalurkan dengan baik (Ihsan, 2012). Lihat saja, banyak pelajar di negeri ini yang tidak menggunakan waktu mereka untuk berkarya, bahkan saat kuliah/sekolah pun mereka sengaja untuk membolos. Waktu yang tak tersalurkan ini digunakan oleh mereka untuk melakukan kegiatan yang negatif.
            Tidak hanya tawuran, banyak hal negatif yang akan dilakukan mahasiswa/pelajar jika mereka tidak bisa memanfaatkan waktu luangnya. Sungguh miris jika melihat penerus bangsa dalam keadaan seperti saat ini, Ya saya juga mahasiswa dan belum bisa berkarya untuk Indonesia, namun sebisa mungkin saya tidak ikut menyalurkan hal-hal negatif.
            Peran Guru/Dosen memang sungguh sangat penting  untuk membentuk jati diri para pelajar dan mahasiswanya. Peran pemerintah pun tak kalah penting, program yang mengasah pikiran pelajar/mahasiswa ini sungguh dibutuhkan agar para pelajar dan mahasiswa bisa memiliki keunggulan untuk bersaing di era globalisasi ini. Sungguh Indonesia akan maju jika para penerus bangsa ini bisa dan mampu untuk berkompetisi di dunia luar. Kembali ke diri mahasiswa/pelajar sendiri, mampukah kita mewujudkan Indonesia yang bersih dari sisi kenegatifan?



Yolenta F
2EB21
^___^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar