Selasa, 06 November 2012

artikel #promosi dan pemasaran yang beretika


ARTIKEL
PENGANTAR BISNIS
PROMOSI DAN PEMASARAN YANG BERETIKA


http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/edi_mp/files/2009/11/gunadarma_transparant.gif
2012/2013



Yolenta Flonsari
1EB25
27212851






PROMOSI DAN PEMASARAN YANG BERETIKA

A . Pengertian
            Promosi dan Pemasaran memang membutuhkan etika yang baik agar suatu usaha yang dijalankan tidak menyinggung  pihak lain agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pihak yang nantinya akan menimbulkan masalah baru bagi suatu perusahaan tersebut.
Etika yang baik itu meliputi :
·         Tidak menyinggung produk yang dikeluarkan pihak lain .
·         Tidak menyelipkan kata-kata yang tidak bagus dalam proses akhir pemasaran tersebut .
·         Pastikan barang yang kita (suatu perusahaan) buat sama persis dengan apa yang dipasarkan, dll .
Etika pemasaran berkaitan dengan keputusan pemasaran yang menyangkut etika. Etika adalah sesuatu yang bersifat tidak tetap, benar salah sebuah keputusan tergantung dari pola pandang dipakai.

Contoh : Pernahkah anda melihat tulisan bebas lemak pada produk-produk makanan? Apa yang ada di pikiran anda ketika melihat tulisan tersebut? Tulisan tersebut bisa saja benar bahwa makanan tersebut tidak mengandung lemak, tetapi seringkali konsumen lupa bahwa makanan tersebut masih mengandung kalori. Pola pandang ini disadari oleh produsen dan digunakan dalam promosi produknya. Etis kah mereka berbuat demikian?

Dengan adanya dilema mikro-makro dan etika pemasaran, maka produsen membutuhkan sebuah patokan/pedoman untuk mengambil keputusan. Pada saat inilah konsep pemasaran (marketing concept) dipakai sebagai patokan/pedoman.

Konsep pemasaran yang merupakan pertemuan antara kepuasan konsumen, total usaha perusahaan, dan keuntungan atau tujuan jangka panjang lainnya merupakan patokan/pedoman untuk membuat suatu keputusan pemasaran. Hanya saja yang perlu diingat hendaknya kesejahteraan konsumen (consumer welfare) dalam jangka panjang dimasukkan ke dalam ruang lingkup kepuasan konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar