Minggu, 07 Oktober 2012

bisnis/usaha kecil


POTRET USAHA KECIL PAK ASEP

Artikel usaha kecil ini akan mengulas mengenai salah satu pengusaha kecil mengengah di Indonesia. Pentingnya akan usaha kecil menengah telah ditunjukkan oleh bertanhannya UKM di tengah krisis eknomi global yang melanda beberapa waktu lalu. Namun, masih banyak permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh usaha kecil seperti halnya Pak Asep yang kurang mampu bersaing dengan produsen besar yang tentunya hanya berkendala pada modal. Nah, sebelum itu, kita perlu tahu definisi usaha kecil menengah. Usaha kecil menengah adalah usaha yang memiliki jumlah karyawan kurang dari 50 orang dengan kekayaan bersih tidak lebih dari Rp. 200 juta dan tidak termasuk tanah dan bangunan, namun Pak Asep masih memperkejakan 25 orang karyawan karena memang usahanya belum terlalu diminati orang banyak, padahal menurut saya usaha Pak Asep sangat unik dan tentunya bagus .
Jenis usaha kecil menengah tersebar dari berbagai unit usaha seperti pertanian, perdagangan, industri pengolahan, komunikasi dan pengangkutan, bangunan, keuangan dan listrik dan gas serta air bersih. Artikel usaha kecil menengah akan meng-in-input data bahwa jumlah usaha kecil sangat banyak, tapi omset yang digabungkan dari keseluruhan jumlah tidak sebanding dengan satu omset perusahaan skala nasional.
wiraswasta rumahan
Inilah foto dari Pak Asep dengan beberapa koleksi usahanya .


Jenis usaha kecil Pak Asep ini memang sangat kuat dan tahan banting terhadap krisis ekonomi sekalipun. Karena itu, pemerintah setempat perlu membantu mengembangakannya. Melalui artikel ini, kita perlu mendesak pemerintah karena pemerintah yang paling bertanggungjawab terhadap pengembangan usaha kecil menengah di Indonesia. Salah satu diantaranya pemerintah perlu menciptakan kondisi iklim usaha yang kondusif berupa keringanan pajak, kemudahan perijinan dan lain-lain.
Artikel usaha kecil menengah juga perlu mendesak pemerintah memberikan bantuan pengembangan terutama usaha tradisional dari kalangan ekonomi lemah termasuk usaha Pak Asep. Selain itu, pengembangan kemitraan dan pelatihan para wiraswastawan perlu dilakukan. Artikel usaha kecil ini juga menyarankan agar wiraswastawan melalui pemerintah giat melakukan promosi produk seperti dengan melakukan talk-show dengan mitra usaha lain. Sarana dan prasarana juga mesti ditingkatkan, begitu pula dengan pemantapan asosiasi dan pengembangan kerja sama yang setara. Dengan begitu, Usaha Kecil Menengah di Indonesia akan semakin mantap, maju dan berkembang .
Demikian artikel yang saya buat, semoga kedepan Usaha Kecil Menengah di Indonesia bisa sesuai harapan (^^,)


Yolenta Flonsari
1EB25
27212851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar