Kamis, 11 Oktober 2012

SAP pengantar bisnis#


PENJELASAN SAP
PENGANTAR BISNIS


BAB 1        Ruang Lingkup Bisnis
1.     Pengertian Bisnis    
Bisnis berasal dari kata “busy” yang berarti sibuk, dimana didalam bisnis pasti ada kesibukan dalam memproses barang atau jasa yang akan di usaha bisniskan, dan didalam kegiatan memproses barang atau jasa itulah yang dinamakan ruang lingkup bisnis.
2.     Tujuan Kebijakan Bisnis
Tujuan dilakukannya bisnis yaitu ingin beruntung dalam pendapatan dan ingin mencari pengalaman dalam berbisnis dan tidak memperdulikan resiko yang akan ditanggung selagi bisnis itu positif .
3.      Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
SISTEM PEREKONOMIAN
Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

1 Perekonomian terencana
   perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
   a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
  b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah

2. Perekonomian pasar
    perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
 


a. Sistem perekonomian kapitalis
    Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
  b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik
4. Kesempatan bisnis/usaha
Banyak peluang didepan mata untuk kita sukses dalam berbisnis, namun hanya sebagian orang saja yang dapat melihat dan merasakan peluang itu tentunya yang memiliki jiwa yang penuh tantangan, dimana ia bisa mengambil resiko terburuk bagi usaha yang akan dijalaninya nanti, untuk kaum muda seperti kita tentunya kita harus memiliki jiwa seperti itu jika kita mau berhasil dan tidak menjadi kamu muda yang tertinggal.
            5 . Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi
            6.  Hakikat Bisnis
            7. Mengapa Belajar Bisnis

BAB  2       PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
1.     Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah sebuah instansi yang memproduksi barang dan jasa kebutuhan masyarakat.
2.     Tempat kedudukan dan letak perusahaan
3.     Perusahaan dan Lembaga sosial
4.     Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
5.     Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan

BAB  3       BENTUK-BENTUK BADAN USAHA
1.     Bentuk Yuridis Perusahaan
Badan usaha adalah suatu organisasi yang merupakan kesatuan yuridis dan
yang berusaha mencari keuntungan menggunakan faktor-faktor produksi.
2.     Lembaga Keuangan
Lembaga keuangan dalam dunia keuangan bertindak selaku lembaga yang menyediakan jasa keuangan  bagi nasabahnya, dimana pada umumnya lembaga ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.
3.     Kerjasama, Penggabungan dan Ekspansi
BAB  4       KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL
1.     Kewiraswastaan, wiraswasta, dan wiraswastawan
2.     Perusahaan kecil di dalam lingkungan perusahaan
3.     Perkembangan frenchising di Indonesia
4.     Ciri-ciri perusahaan kecil
5.     Perbedaaan antara kewirausahaan dan bisnis kecil
BAB  5       MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1.     Manajemen
Menurut Prof. Oie Liang Lee
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.      Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
BAB  6       PEMASARAN
1.      Pengertian pasar dan pemasaran
pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
2.      Jenis-jenis pasar
3.      Konsep-konsep inti pemasaran
4.      Manajemen pemasaran
5.      Bauran pemasaran
6.      Tujuan sistem pemasaran
7.      Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
BAB  7       MANAJEMEN PRODUKSI
1.      Perkembangan manajemen produksi
2.      Pengertian manajemen produksi
3.      Pengertian produksi
produksi adalah proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada.
4.      Proses produksi
5.      Pengambilan keputusan dalam manajemen produksi
6.      Ruang lingkup manajemen produksi
7.      Fungsi dan sistem produksi dan operasi
8.      Lokasi dan layout pabrik
BAB  8       KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
BAB  9       MANAJEMEN KEUANGAN
1.     Peran dan tanggung jawab manajer keuangan
2.     Perencanaan keuangan
BAB  10     MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
BAB  11     AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN
1.      Definisi Akuntansi
Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
2.      Fungsi Akuntansi
BAB  12     TEKNIK ANALISIS
BAB  13     TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS
1.     Benturan dengan kepentingan masyarakat
2.     Dorongan tanggung jawab sosial
3.     Etika bisnis
4.     Bentuk-bentuk tanggung jawab sosial suatu bisnis
BAB  14     BISNIS INTERNASIONAL
1.     Hakikat bisnis internasional
2.     Alasan melaksanakan bisnis internasional
3.     Tahap-tahap dalam memasuki bisnis internasional.




Yolenta Flonsari
1EB25
27212851

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar