PENJELASAN
SAP
PENGANTAR
BISNIS
BAB
1 Ruang Lingkup Bisnis
1.
Pengertian
Bisnis
Bisnis
berasal dari kata “busy” yang berarti sibuk, dimana didalam bisnis pasti ada
kesibukan dalam memproses barang atau jasa yang akan di usaha bisniskan, dan
didalam kegiatan memproses barang atau jasa itulah yang dinamakan ruang lingkup
bisnis.
2.
Tujuan
Kebijakan Bisnis
Tujuan
dilakukannya bisnis yaitu ingin beruntung dalam pendapatan dan ingin mencari
pengalaman dalam berbisnis dan tidak memperdulikan resiko yang akan ditanggung
selagi bisnis itu positif .
3.
Sistem
Perekonomian dan Sistem Pasar
SISTEM PEREKONOMIAN
Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
1 Perekonomian terencana
perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah
2. Perekonomian pasar
perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
1 Perekonomian terencana
perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
a. sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
b. sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah
2. Perekonomian pasar
perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
a.
Sistem perekonomian kapitalis
Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik
Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik
4.
Kesempatan bisnis/usaha
Banyak
peluang didepan mata untuk kita sukses dalam berbisnis, namun hanya sebagian
orang saja yang dapat melihat dan merasakan peluang itu tentunya yang memiliki
jiwa yang penuh tantangan, dimana ia bisa mengambil resiko terburuk bagi usaha
yang akan dijalaninya nanti, untuk kaum muda seperti kita tentunya kita harus
memiliki jiwa seperti itu jika kita mau berhasil dan tidak menjadi kamu muda
yang tertinggal.
5 . Unsur-unsur penting dalam
aktivitas ekonomi
6. Hakikat Bisnis
7. Mengapa Belajar Bisnis
BAB 2 PERUSAHAAN
DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
1.
Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah
sebuah instansi yang memproduksi barang dan jasa kebutuhan masyarakat.
2.
Tempat
kedudukan dan letak perusahaan
3.
Perusahaan
dan Lembaga sosial
4.
Berbagai
macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
5.
Pendekatan
dalam melihat bisnis dan lingkungan
BAB 3 BENTUK-BENTUK
BADAN USAHA
1.
Bentuk
Yuridis Perusahaan
Badan usaha adalah
suatu organisasi yang merupakan kesatuan yuridis dan
yang berusaha mencari keuntungan menggunakan faktor-faktor produksi.
yang berusaha mencari keuntungan menggunakan faktor-faktor produksi.
2.
Lembaga
Keuangan
Lembaga
keuangan
dalam dunia keuangan bertindak selaku lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya, dimana pada umumnya lembaga
ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.
3.
Kerjasama,
Penggabungan dan Ekspansi
BAB 4 KEWIRASWASTAAN
DAN PERUSAHAAN KECIL
1.
Kewiraswastaan,
wiraswasta, dan wiraswastawan
2.
Perusahaan
kecil di dalam lingkungan perusahaan
3.
Perkembangan
frenchising di Indonesia
4.
Ciri-ciri
perusahaan kecil
5.
Perbedaaan
antara kewirausahaan dan bisnis kecil
BAB 5 MANAJEMEN
DAN ORGANISASI
1.
Manajemen
Menurut Prof. Oie Liang
Lee
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.
Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang
(dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
BAB 6 PEMASARAN
1.
Pengertian
pasar dan pemasaran
pasar adalah tempat
terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh
penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
2.
Jenis-jenis
pasar
3.
Konsep-konsep
inti pemasaran
4.
Manajemen
pemasaran
5.
Bauran
pemasaran
6.
Tujuan
sistem pemasaran
7.
Pendekatan
dalam mempelajari pemasaran
BAB 7 MANAJEMEN
PRODUKSI
1.
Perkembangan
manajemen produksi
2.
Pengertian
manajemen produksi
3.
Pengertian
produksi
produksi adalah proses
menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan
sumber daya yang ada.
4.
Proses
produksi
5.
Pengambilan
keputusan dalam manajemen produksi
6.
Ruang
lingkup manajemen produksi
7.
Fungsi
dan sistem produksi dan operasi
8.
Lokasi
dan layout pabrik
BAB 8 KONSEP
NILAI WAKTU DARI UANG
BAB 9 MANAJEMEN
KEUANGAN
1.
Peran
dan tanggung jawab manajer keuangan
2.
Perencanaan
keuangan
BAB 10 MANAJEMEN
SUMBER DAYA MANUSIA
BAB 11 AKUNTANSI
DAN LAPORAN KEUANGAN
1.
Definisi
Akuntansi
Akuntansi adalah suatu
proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data,
transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat
digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk
pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
2.
Fungsi
Akuntansi
BAB 12 TEKNIK
ANALISIS
BAB 13 TANGGUNG
JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS
1.
Benturan
dengan kepentingan masyarakat
2.
Dorongan
tanggung jawab sosial
3.
Etika
bisnis
4.
Bentuk-bentuk
tanggung jawab sosial suatu bisnis
BAB 14 BISNIS
INTERNASIONAL
1.
Hakikat
bisnis internasional
2.
Alasan
melaksanakan bisnis internasional
3.
Tahap-tahap
dalam memasuki bisnis internasional.
Yolenta Flonsari
1EB25
27212851
Tidak ada komentar:
Posting Komentar